Saturday, May 17, 2008

Mahal Sekali Tanda Tangan itu

Salah satu kerjaan gue di negri bollywood penuh dewa ini adalah membuat dokumen berisi tentang prosedur installasi server* dan tes nge-upload data ke server itu, dimana sang klien harus menyaksikan dan setuju, dan menandatangani prosedur yang gue tulis.
Server itu sampai ke kantor klien 2 minggu yang lalu. Keesokan hari setelah server itu sampai, langung lah gue meng-update file-file yang perlu di-update, cek sana sini. Tentu diliatin sama klien, dan gue terkesan hebat gitu hihihi, padahal mah gue ga ngerti sama sekali sistem Linux yang dipakai untuk server ini. Jedeng... error dung, Data Gateway** tidak bisa di-run.. artinya data dari rig ga bisa di upload ke server ini. Mulai lah gue telp0n dan email sang "pembuat server". Pada akhirnya gue berhasil membuat Data Gateway ini jalan setelah gue dikasih satu file sakti sama "pembuat server". Gue tunjukin ke klien kalo semuanya jalan, data dah bisa di upload dan di download, semua ok. Tapi tanda tangan itu mahal sekali.
Klien tidak mau tanda tangan dengan alesan yang tanda tangan adalah harus dari IT departemen karena mereka adalah ahli minyak sama kayak gue. Perjuangan pun dimulai, lobi sana, lobi sini, atau sekedar duduk di lobi. Dan akhirnya gue berhasil mendapatkan tanda tangan semua orang.. mulai dari IT, Komplesi sampe Bos Ahli Minyak itu...
Tapi masih banyak tanda tangan yang harus gue minta di masa yang akan datang.. menyebalkan.

*lebih tepatnya sih sudah ada prosedur kebetan buat gue.. cuma kan harus diedit dung kalo buat klien, banyak informasi rahasia
**gue juga ga ngerti ini apa, tapi artinya ya seperti tulisannya, yaitu portal untuk data lewat.

No comments: